Ayo Pasang Iklan


Minggu, 27 Agustus 2017

Pascal : Apa itu function dalam PASCAL?

Function adalah suatu kode program yang terpisah dalam block tersendiri yang berfungsi sebagai subprogram (program bagian) tetapi mempunyai pengembalian nilai tersendiri. Secara garis besar function hampir sama dengan procedure, hanya pada function harus dideklarasikan dengan tipe dari function tersebut yang merupakan tipe hasil dari function itu sendiri. Sehingga dikatakan function dapat mengembalikan nilai.

Macam jenis function dalam bahasa pemograman PASCAL :
1. Function tanpa parameter.
Suatu function tanpa parameter berarti nilai balik yang akan dihasilkan merupakan nilai yang sudah pasti. Jika pada function dengan parameter, parameternya digunakan untuk input pada function dan function akan memberikan hasil balik sesuai dengan parameter yang diberikan sehingga bisa diatur dari program pemanggil. Sedang pada function tanpa parameter hasil dari function tidak dapat diatur. Sehingga function tanpa
parameter jarang digunakan.
contoh :
*
function phimath : real;
begin
   phimath := 22/7;
end;


2.Function dengan parameter.
Parameter dalam function dapat dikirimkan secara nilai atau secara acuan.
contoh :
*
function kali (a,b : Integer) : Integer;
Begin
   kali := a * b;
End;


3.Function dengan parameter acuan.
Function dengan menggunakan parameter secara acuan adalah sama dengan procedure yaitu ditambah Var pada deklarasi parameter. Dengan demikian nilai parameter acuan ini dapat digunakan sebagai hasil balik.
contoh :
*
function bagi_swap (var a,b : real) : real;
begin
   bagi := a / b;
   b := 0;
   a := 0;
end;


***** SEMOGA BERMANFAAT *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar